Gejala penyakit Typus dan penyebabnya | bagaimana pencegahannya

Robby Yuli Endra | 44 comments
Gejala penyakit Typus dan penyebabnya | bagaimana pencegahannya - Beberapa Bulan yang lalu saya terserang penyakit Typus, typus merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, pada artikel ini saya akan membagi cerita mengenai penyakit ini, karena saya yang mengalami sendiri segala sumber dari tulisan ini saya akumulasikan refernsi dari dokter dan saya pribadi. 
Awalnya saya tidak tahu bahwa saya terserang penyakit typus, gejala typus hampir sama dengan penyakit demam berdarah, saya awalnya memang tidak mau dibawa ke dokter, ya karena awalnya saya berpikir itu hanya penyakit panas biasa, tetapi dari panas atau suhu tubuh yang naik turun akhirnya saya putuskan untuk pergi ke dokter.

Gejala penyakit Typus dan penyebabnya | bagaimana pencegahannya

Gejala Typus yang saya alami : 
  1. Deman yang terjadi pada jam 6 magrib, itu yang saya alami setiap waktu tersebut badan saya terasa      demam atau panas, suhu demam menurut dokter diatas 37 derajat celcius untuk orang dewasa.
  2. Kondisi Bada terasa Fit disaat pagi sampai siang hari, dari siang hari samapai dengan malam badan terasa lemas.
  3. Nafsu makan yang mulai berkurang, yang saya alami nafsu makan saya tidak berkurang tetapi kalau melihat nasi rasanya mual yang saya rasakan.
  4. Berkurangnya berat badan, kata dokter Typus itu disebabkan oleh virus apabila sudah parah virus tersebut akan menyerang usus, sehingga dapat terjadi infeksi pada usus yang menyebabkan sari-sari makanan tidak apat diserap oleh tubuh.
Bagaimana cara mencegah penyakit typus :
  1. Menurut dokter, Cara mencegah Typus adalah Memakan makan rumah yang kebersihannya kita ketahui.
  2. Jangan Makan Sembarangan
  3. Apabila tubuh kita sudah mengalami seperti Gejala Typus diatas, maka pergilah kedokter, biasanya dokter menyarankan untuk tes darah untuk mengecek widalnya.
  4. Apabila sudah parah, ikuti anjuran dokter untuk opname, dokter memiliki serum untuk membunuh virus tersebut,paling cepat kita 3 hari di opname
  5. Banyak kata orang memamkan Obat cacing yang sering atau dijual di toko obat tradisional, saya mencoba obat cacing ketika saya mulai berangsur sembuh tetapi badan saya mulai demam lagi, tetapi saya belum tahu apakah obat cacing ini menyembuhkan atau mencegah typus.
  6. Banyak Istirahat total
Apakah Pantangan Penyakit Typus
Pada waktu penyakit tipus ini saya banyak sekali mendapat anjuran atau pantangan penyakit typus dari banyak orang, dan berikut pantangan dan sanggahan dari saya atas pendapat banyak orang tersebut :
  1. Ada beberapa orang yang mengatakan kalau typus tidak boleh minum susu, saya mennyanggah bahwa orang yang sedang typus boleh / sangat baik minum susu / susu steril.
  2. Ada yang bilang penyakit typus harus makan bubur terus, menurut saya dan yang saya lakukan tidak harus makan bubur, boleh makan nasi asalkan mengunyahnya sesuai ketentuan 33 X kunyahan, logikanya kan apabila dikunyah 33 X otomatis makanan tersebut akan halus dan sama aja kayak bubur.
  3. Tidak boleh memakan sayur yang berserat tinggi
  4. Makanlah makanan yang benar-benar matang / jangan makan makanan setengah matang
  5. Jangan makan makanan pedas terlalu sering, boleh makan cabe tapi sedikit 
  6. Tidak boleh makan-makanan yang bersantan
  7. Tidak boleh makan-makanan yang asam
  8. Boleh makan jeruk, tapi pastikan jeruknya manis.
Mungkin itu saja cerita pengalaman saya dengan penyakit typus, mungkin dari beberapa orang ada yang berbeda baik gejala dan pantangannya. artikel ini untuk share aja, terakhir saya hanya bisa mengungkapkan semoga artikel ini bermanfaat...terima kasih
     

Labels: 

Author: Robby Yuli Endra

Date: Selasa, Mei 01, 2012

44 comments  | Leave a comment

44 comments to "Gejala penyakit Typus dan penyebabnya | bagaimana pencegahannya"

Jefri Krisna Putra 18 Juni 2012 20.21
Nice bgt info nya gan..
Robby Yuli Endra 19 Juni 2012 08.35
@jefry: Sip...
saiful anwar 24 September 2012 17.53
Tanxs gan atas infony...
arsy 1 Oktober 2012 10.12
Thank info nya. Anak lagi demam nih soalnya...
Robby Yuli Endra 23 November 2012 12.48
Ya sama-sama
Anonim 25 November 2012 17.38
Kereeeen bgt..infonya,ni dah positif typus juga ttinggal bed restnya aja..Alhamdulillah..baiknya Tuhan kita
Robby Yuli Endra 26 November 2012 08.28
Iya Maas..Thanks commenntnya
Deyanita 26 November 2012 10.49
Makasih info'nya
izin share ya
Robby Yuli Endra 26 November 2012 13.58
@deyanita: Silahkan mba..makasih kunjungannya
ruslan 27 November 2012 11.26
ko dokter ga mau mensutik ny ya mas.
Robby Yuli Endra 27 November 2012 14.26
@ruslan: Bukan ga mau suntik mas Tapi suntikan antibiotiknya sakit banget..saya aja ga tahan mas...hehhe
ruslan 28 November 2012 09.06
maksut saya mantri ga berani mensutik , setalah 1 hari kemudian saya pergi ke dokter terus dokter mensaran kan di suntik apa di ipus aja , lalu saya kata kan ,di suntik aja , alhamdulilah mas pennyakit na ber kurang , dan akhir na napsu makan pun mulai ada mas .
Robby Yuli Endra 28 November 2012 09.41
@ruslan: ow gitu ya mas, maaf saya agak salah jawabnya..walaupun sudah agak enakan mas.. tapi harus dijaga kesehatan, makanan dan istirahat..karna typus dapat kambuh sewaktu-waktu..thanks semoga kita semua slalu sehat..amin
viia jj 4 Desember 2012 21.26
thanks infonya. Bermanfaat sekali :)
Robby Yuli Endra 5 Desember 2012 08.17
@viia : Thanks kunjungannya
Anonim 12 Desember 2012 11.16
Bukan virus mungkin mas tapi disebabkan karena bkteri ..
Robby Yuli Endra 12 Desember 2012 13.13
@ iya mas
yuni 26 Desember 2012 18.41
gejala penyakit tipus selain demam apa saja ya..?

Robby Yuli Endra 27 Desember 2012 09.27
@yuni: biasanya diikuti dengan nafsu makan yg berkurang, mual
otak-atik 2 Januari 2013 16.26
teimakasih utnuk infonya Gan...

aku tipes kronis uda 6 bulan...

doain aku yah sobat bloggers :)
Robby Yuli Endra 3 Januari 2013 08.10
@otak-atik : Jaga Kesehatan, saya doakan agan cepat sembuh dan sehat selalu aamiien
Anonim 7 Januari 2013 13.56
Saya mengalami gejala2 seperti di atas, ditambah dengan nyeri dibagian perut, karena akhir2 ini aktifitas saya yg membuat saya tdk bisa istirahat dengan cukup,saya lagi di dokter nunggu hasil lab
Anonim 22 Januari 2013 12.55
koreksi gan, bukan obat cacing yg dipake utk obat typus. Tp obat tradisional dari bahan ekstrak cacing tanah. Kalau gak mau repot dan beresiko beli aja vermint. Di apotik jg banyak. Sy sekeluarga cocok gan, utk demam dan pusingnya cepat tuntas.
Robby Yuli Endra 23 Januari 2013 09.16
ya gan, maksud ane gitu...hihi....
saleh purwanto 12 Februari 2013 18.53
Memang dilematis kena typus, siang kayak waras, kerja keras, malam down.
ciptayani kamil 7 Maret 2013 09.12
anak aku demam naik turun mas, tapi jg muntah2, jd klo di isi makanan, selang brp menit maunya muntah ajah..abz minum obatpun, jd kluar deh tuh obatnya.. klo bsok jumat masih demam tinggi dokter nyuruh cek darah... kira2 itu trmasuk gejala thypus bkn ya... aduh kasian ga tega liat my lil prince demam gitu..tapi demamnya ga cuma malem ajah , siang jg gt mas...
ciptayani kamil 7 Maret 2013 09.15
anak aq 10 tahun, demam tinggi mas, klo abz minum obat bs turun tuh trus keringetan, tp tiap perut diisi maunya muntah ajah tuh. n demamnya ga cuma malem, siang jg gt mas... klo smpe jumat msh demam tinggi, dokter bilang hrs cek darah nih, aduhh ga tega deh liat my lil prince sakit gt ...klo liat gejala yg dirasa anakku itu, kira2 thypus bkn ya mas??
Robby Yuli Endra 8 Maret 2013 08.45
@mba cipta: menurut saya biar memastikan lebih baik cek darah saja mba...
khusna khairunnisa 14 Maret 2013 09.27
penyakit tyvus karena bakteri salmonela yak...
larasati agis 4 April 2013 15.38
THANKS INFONYA
ibenk straight 15 April 2013 07.33
Skrng ini saya mngalami sama persis dengan diatas,nah pertnyaan saya kalau saya memang benar terkena typus,koq saya msh bs BAB ya mas..pdhl setau aku pnykit typus itu tdak bs BAB meski mencret sklipun
Robby Yuli Endra 15 April 2013 14.44
@ibenk: mungkin untuk sebgian orang bisa bab mas, untuk lebih yakinnya coba cek ke dokter mas..Thanks
Anonim 26 April 2013 03.38
info yg bermanfaat, saya sudah 3x kena penyakit typhus, dan itu sangat mengganggu, heuuu
Anonim 2 Mei 2013 14.46
saya baru sembuh typhus......ya bagus infonya...buat kita lebih ber hati2 dalam memilih makanan....
Toink 5 Juni 2013 00.33
Matur suwunnnn...tas infonya
Robby Yuli Endra 7 Juni 2013 08.57
@mastoink: sama2 mas..tks telah berkunjung
Riza Annisa 13 Juni 2013 06.29
mas saya lg mengalami sperti yg di atas.. pertanyaan saya kalo saya paksain buat kuliah krna ketinggalan pelajaran seminggu lagi dan mendekati UAS itu makin parah atau gmn mas?
makasih
Riza Annisa 13 Juni 2013 06.33
saya sedang mengalami seperti yg di atas.. saya mau nanya dong mas kalo misalkan saya paksa buat kuliah krna materi yg ketinggalan selama seminggu saya ga masuk dan krna mau UAS itu makin parah atau bgmana? biasanya gejala atau tipes itu smbuhnya brp lama?
dan saran nya ya
Robby Yuli Endra 13 Juni 2013 15.22
@riza yang penting jangan dipaksain, makan teratur dan bnyk istirahat, typus itu lama pemulihannya mba?
faturochman 4 September 2013 19.49
tanks ya gan.............
Anonim 13 November 2013 21.13
Sy positif thypus 1/80. Demam tidak turun2. Gejalanya sama dengan yg diatas.. Sakit sekaliiiiii :'(
Robby Yuli Endra 18 November 2013 15.14
Banyak Istirahat dan Berobat ya mas
Irene Meylisa Sumanjaya 26 Januari 2014 07.39
Makanlah makanan yang benar-benar matang / jangan makan makanan setengah matang
lah,kalo mkan tekur stenagh matang gmna?boleh ngga?

mksih
Robby Yuli Endra 27 Januari 2014 09.43
@irene: usahakan pastikan makan makananan yang benar-benar matang ya mba

Poskan Komentar

Silahkan isikan komentar sesuai dengan isi artikel, Jangan memasukan link karena akan dihapus oleh spamfilter karena dianggap Spam. Penulis menerima Saran dan Kritik yang membangun bukan sara ras dan yang lainnya
Kalau ada kritik dan saran bisa kirim ke Email : capt.obbies@gmail.com Terima Kasih sudah berkunjung di blog ini..Salam Istimewa dari www.robbyyuliendra.com